BASILIKA ST JOHN LATERAN (SAN GIOVANNI DI LATERANO)

Category: Berita Published on Friday, 11 November 2016 Written by Super User

basilika st john lateranBASILIKA ST JOHN LATERAN (SAN GIOVANNI DI LATERANO)
Basilika Santo Yohanes Lateran dibangun di bawah Paus Melchiade (311-314), itu gereja paling kuno di dunia. Karena kenyataan bahwa paus juga uskup Roma, Saint John di Lateran - menjadi kursi kediaman uskup - juga Katedral Roma.
Struktur sekarang dari Basilika menyerupai Basilika Santo Petrus . Rencana awal sudah lima gang. Gereja kuno adalah kediaman paus sampai datang kembali dari pengasingan di Avignone (1377), ketika pindah ke Vatikan . Itu penjarahan-saham dari Visigoth (410), Vandal (455); gempa di 896 menyebabkan atap lorong tengah runtuh (dibangun kembali di bawah Paus Sergio III di 904-911).

Taruh di atas api pada 1308 pertama dan di 1361 lalu, itu dibuat lagi di bawah kepausan Gregorio XI (1370-1378), menyusul rencana struktur kuno yang saat itu telah menjadi reruntuhan. Karya-karya perbaikan terus selama seluruh abad kelima belas dan langit-langit mewah terealisasi pada 1562.
Sisto V (1585-1590) memerintahkan pembangunan Blessings Lodge (diposisikan pada akhir sisi kanan lorong), dan pembuatan bangunan Lateranense menugaskan proyek untuk Domenico Fontana.
Setelah sekitar 140 tahun Paus Innocenzo X Pamphili (1644-1655) memutuskan pada 1646 untuk membawa katedral untuk kemegahan baru mempercayakan Francesco Borromini perbaikan. Arsitek seharusnya menyelesaikan karya dalam waktu untuk Tahun Suci 1650 dan harus memesan (sesuai dengan pakta dengan paus) struktur Basilika kuno St John Lateran. Artis menempatkan 12 relung spasi oleh 5 lengkungan besar didukung oleh banyak pilar di pertengahan lorong.
Patung-patung besar dari para Rasul yang kita dapat mengagumi hari ini di relung borrominian dibuat oleh pematung dari baroque akhir pada awal 1700.
Pada 1731 Paus Clement XII (asli dari Florence) memanggil sebuah kompetisi untuk façade baru Saint John di Lateran. Pemenang - tanpa terlalu banyak jasa - adalah Florentine Alessandro Galilei (tempat kedua adalah untuk Luigi Vanvitelli, dengan proyek yang jauh lebih baik) yang pada tahun 1735 selesai karya façade ini. Di bawah tabernakel ogival (pada akhir lorong tengah, di transept) adalah altar kepausan di mana hanya Paus dapat memberikan misa. Di atas altar sakramental ada fragmen dari meja yang Yesus dikonsumsi perjamuan terakhir. Katedral host juga darah Yesus, dibawa ke Roma oleh perwira Longino.
Banyak adalah kapel dari keluarga bangsawan (Orsini, Torlonia, Massimo ...) direalisasikan oleh beberapa seniman terbaik dari era yang berbeda. Di lorong yang tepat menengah, dekat dengan pilar pertama, seseorang dapat mengagumi "Boniface VIII memproklamirkan Jubilee 1300", sebuah lukisan dinding yang dibuat oleh Giotto.

Hits: 375

Add comment


Security code
Refresh